Posted on: December 28, 2020 Posted by: berkah Comments: 0

BAHAN ALAMI YANG AMPUH UNTUK MENGATASI BIBIR PECAH-PECAH DAN KERING 

Memiliki bibir pecah-pecah dan kering pastinya seringkali sangat mengganggu penampilan, terutama bagi wanita. Bahkan bibir pecah-pecah dan kering yang dibiarkan terlalu lama akan membuat menjadi lebih kering dan terasa perih hingga berdarah. Bibir pecah-pecah dan kering bisa dipengaruhi oleh cuaca. Penyakit ataupun kekurangan vitamin. Sering kali seseorang menjilat bibir ketika keadaannya kering. Namun hal tersebut salah, sebab jika bibir dalam kondisi kering dan mengelupas jika dijilat malah akan membuat bibir menjadi iritasi. Dengan begitu kondisi bibir akan menjadi semakin kering dan kondisi semakin parah. Sehingga jangan jilat bibir jika mengalami kering dan sebaiknya keadaan ini harus segera diatasi. Salah satu cara untuk mengatasinya yaitu dengan mengembalikan kondisi kelembaban bibir tersebut. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan kelembaban pada bibir tersebut. Salah satunya dengan menggunakan pelembab dari bahan-bahan alami yang mudah untuk kita jumpai. 

Ada banyak bahan alami yang bisa kita gunakan untuk menjadi pelembab alami untuk mengatasi bibir kering. Adapun beberapa bahan alami yang bisa kita gunakan tersebut diantaranya yaitu:

  • Menggunakan madu

Mengkonsumsi madu memang sudah dikenal bermanfaat untuk menambah nutrisi pada kulit dari dalam. Selain itu dengan mengoleskan langsung madu pada kulit juga sangat bermanfaat. Hal ini karena madu memiliki sifat alami menyembuhkan dan juga melembabkan. Sehingga madu bisa dijadikan bahan pelembab alami untuk mengatasi bibir kering dan mengelupas. Selain itu madu juga akan mencegah infeksi pada bibir yang pecah-pecah dan mengelupas. Caranya cukup oleskan madu pada bibir yang pecah-pecah lalu diamkan beberapa menit. Kemudian bilas madu tersebut sampai bersih dengan menggunakan tisu. 

  • Menggunakan lidah buaya

Lidah buaya memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, dan ternyata juga mampu mengatasi bibir pecah-pecah. Hal ini karena lidah buaya mengandung antioksidan yang tinggi serta antiinflamasi yang mampu memenuhi nutrisi bibir. Selain itu lidah buaya akan menimbulkan efek dingin dan juga sifat melembabkan. Sehingga lidah buaya mampu mendinginkan kulit bibir yang pecah-pecah. Untuk menggunakannya cukup oleskan daging lidah buaya pada bibir. Diamkan beberapa menit lalu bilas sampai bersih dengan menggunakan air. 

  • Menggunakan minyak kelapa 

Minyak kelapa mengandung asam lemak dan memiliki antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan tersebut mampu untuk membantu mengembalikan kelembutan bibir dan membuatnya kenal. Sehingga minyak kelapa ini sering digunakan sebagai bahan untuk pelembab bibir alami. Selain itu juga bisa menutup luka pada bibir yang sudah mengelupas dan mencegah terjadinya infeksi. Untuk menggunakannya cukup oleskan pada bibir dan lakukan secara rutin. 

  • Menggunakan mentimun

Mentimun memiliki sifat yang mendinginkan sehingga kerap digunakan sebagai masker kulit. Selain itu mentimun juga sangat baik digunakan untuk mengembalikan kelembaban bibir. Hal ini karena kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi di dalamnya. Sehingga mentimun cocok digunakan sebagai pelembab alami untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan kering. Caranya cukup gosokan potongan mentimun pada bibir selama beberapa menit. Kemudian biarkan beberapa menit dan bilas bibir dengan menggunakan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Nah demikianlah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah bibir pecah-pecah dan kering. Dengan menggunakan beberapa bahan alami ini secara rutin, maka kamu akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selain bahan-bahan mudah untuk ditemukan bahkan juga mudah untuk dilakukan sendiri di rumah. 

Leave a Comment